Ragam Jenis Istilah Cara Memotong Daging Dan Sayuran


Supaya tidak beda persepsi dengan si pembuat resep, ada baiknya kita mengenal istilah-istilah yang sering digunakan dalam bahasa koki ketika mengolah suatu masakan, diantaranya adalah istilah Memotong.

MENGIRIS / SLICING
Mengiris atau memotong dengan irisan yang tipis. Tipisnya irisan relatif, tergantung pada bahan makanan yang akan diiris. Misalnya, mengiris bawang akan berbeda ukuran ketipisannya dengan mengiris roti. Istilah lain mengiris adalah merajang.

MEMOTONG / CHOPPING
Bila dalam resep ada instruksi memotong, berarti bahan makanan bisa dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan selera dan keserasian yang diinginkan.

MENYINCANG / MINCING
Menyincang adalah memotong dengan halus. Bahan makanan yang dicincang biasanya adalah daging, bawang bombay, bawang putih, seledri dan peterseli. Biasanya, menyincang menggunakan pisau yang khusus. Teknisnya, bagian ujung pisau yang runcing selalu menempel pada talenan sedangkan bagian pisau yang lain digunakan untuk menyincang ke seluruh arah dan terus menerus sampai didapat kehalusan yang diinginkan.

DIMEMARKAN
Teknisnya, bahan makanan ditekan dengan keras hingga pecah atau memar. Contoh yang sering dimemarkan adalah bawang putih, jahe, lengkuas, serai dan daging untuk empal atau dendeng. Alat yang dipakai bisa ulekan, gagang pisau atau dengan pisau yang diletakkan dengan posisi tidur.

DILUMATKAN / MASH
Pengertian dilumatkan biasanya berlaku bagi bahan makanan yang bisa dilembutkan seperti kentang atau ubi manis. Alat yang digunakan bisa garpu atau pelumat kentang.

MEMOTONG KOREK API / JULIENNE
Memotong bahan makanan dengan ukuran dan bentuk seperti korek api. Tidak harus sama persis, tapi tetap bentuk potongannya harus kurus dan panjang. Contoh bahan makanan yang sering dipotong seperti ini adalah wortel, kentang, ketimun dan tempe.

POTONG KUBUS / DICING
Bahan makanan dipotong kotak menyerupai kubus atau dadu. Ukuran kubusnya bisa besar atau kecil, tergantung keserasian. Biasanya yang dipotong seperti ini adalah kentang, wortel, bit, ketimun, ayam rebus dll

POTONG KOTAK
Memotong kotak beda dengan kubus. Biasanya potong kotak digunakan untuk sayuran yang tidak memiliki ketebalan, seperti paprika, cabe merah/hijau, peterseli.

DISUWIR
Disuwir adalah mencabik2 bahan makanan dengan bantuan jari2 tangan. Bahan makanan yang disuwir-suwir biasanya ayam yang telah direbus, ikan atau daging.

SHREDDING / SLIVERING
Istilah ini sering ditemukan pada resep2 dari luar negeri. Artinya, memotong atau merajang sayuran. Biasanya sayuran tersebut lebih dulu digulung baru kemudian diiris sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

SNIPPING
Termasuk istilah pada resep2 dari luar negeri yang artinya menggunting secara halus.

Banyak juga ya istilah dalam Memotong, hihihihi.. Ayo kita ke Dapuuuurrr..!! ^_^

Posting Komentar